Learning to make the future brighter

Hebatnya Orang Banjar

ADSENSE HERE!
Aku seperti tertampar telak diwajah ketika tersadar bahwa orang Banjar ternyata hebat tapi dulu bukan sekarang. Menilik dari peristiwa sejarah ketika Abad ke 18, kala itu belum ada yang mampu menuliskan sesuatu di Indonesia tentunya bukan bangsa Belanda. Ini untuk orang Indonesia asli. Saya ulangi lagi ketika masa itu belum ada yang mampu menulis sebuah buku ada seorang yang mampu bahkan tinggalnya di Kalimantan Selatan, Banua Banjar. Siapa dia? Yang mampu menuliskan beberapa buah buku yang pada masa itu jangankan komputer mesin ketik saja belum ada hanya kertas dan alat tulis sederhana.

Ya mungking ada yang sudah tahu, Syekh Arsyad Al banjari atau yang kita kenal dengan Datu Kalampayan. Beliaulah yang pertama kali menulis di Idonesia dalam bentuk sebuah buku dengan karangan terkenal beliau Kitab Sabilal Muhtadin yanng sekarang mungkin sudah bisa dinikmati oleh para pembaca sekalian. Ya, betapa hebatnya beliau saat itu bisa mempunyai ide secemerlang dan sehebat itu. Bahkan hingga sekarang kitab karangan beliau sudah menjadi rujukan utama dalam pembelajaran agama. Lalu bagaimana dengan sekarang? Saya akui memang terjadi degradasi sangat jauh. Bahkan sekarang jarang ditemui orang banjar asli menulis buku.

Di lain hal masih ada kehebatan orang Banjar, pada masa pemerintahan Belanda pasca kemerdekaan banyak daerah-daerah dijadikan negara boneka oleh Belanda misalnya negara Jawa timur, Pasundan, Papua Barat dan lainnya. Tahukah kita bahwa daerah Kalimantan Selatan atau banjar menolak untuk dijadikan negara boneka, Banjar lebih memeilih mengakui kedaulatan RI dan setia kepada RI melalui Proklamasi 17 Mei 1949 yang menyatakan bahwa Kalimantan Selatan tetap berada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dari fakta di atas dapat disimpulkan betapa hebatnya orang banjar kala itu, jika dibandingkan dengan sekarang sepertinya sangat bertolak belakang. Saya sebagai orang Banjar menyadari hal itu ketika mengetahui hal ini. Kemana hilangnya kehebatan itu, apa karena pengaruh budaya global yang seakan meninabobokan kita, terbuai dengan berbagai macam kecanggihan dan kehebatan budaya global. Perlu kita renungi bersama hal ini, maukah kita sebagai generasi Banjar berikutnya terkungkung seperti ini terus? Kekayaan alam kita terus dikeruk oleh orang lain tanpa ada yang bisa mencegah. Perlu diingat kita daerah nomor 6 terkaya di Indonesia, namun dari sektor pendidikan sangat terbelakang. Lalu kemana larinya hasil kekayaan alam tersebut. Banjar terkenal kaya batu bara tapi mana bukti konkrit hasil dari batu bara itu? Yang ada hanya lubang-lubang menganga akibat penggalian tanpa memikirkan akibat dari itu. Pikirkan mulai sekarang! Majukan Banjar!.
ADSENSE HERE!

7 comments:

  1. setuju.
    urang banjar pada jaman bahari dasar hebat2...
    salah satunya datu kelampayan denga kitab beliau sabilal muhtadin yang di baca oleh seluruh umat muslim dunia,
    dan perjuangan Jend H. Hasan Basri.
    salam kenal dari Kandangan

    ReplyDelete
  2. Masyarakat Kalsel patut berbangga. Daerah ini telah melahirkan banyak tokoh andal dan terkenal dengan kiprah serta karyanya yang membuat orang selalu memperhitungkannya di panggung pentas politik, agama, sosial, ekonomi, seni atau budaya.

    Tentu juga sangat tidak berlebihan jika dikatakan Kalsel juga banyak melahirkan figur-figur yang dapat mengangkat nama daerah, baik dalam skala regional Kalimantan maupun nasional, dari masa ke masa.

    Dari dulu sampai hari ini Tanah Banjar telah dipenuhi oleh orang-orang jenius yang akan terus menghiasi sejarah bangsa ini. Oleh karena itu, jangan sepelekan orang Banjar...

    Link terkait:
    http://taufik79.wordpress.com/2008/11/14/kalimantan-selatan-never-ending-inteletualism/#comments

    ReplyDelete
  3. Ass.
    Banjar tetap mempunyai potensi untuk menjadi hebat, masih terbuka harapan untuk itu. Ayo ...

    ReplyDelete
  4. MOHON MAAF sebelumnya... cuman sekedar berbagi info mengenai CARA BARU ISI ULANG PULSA HP ANDA DAN KELUARGA

    LEBIH PRAKTIS, (ngga perlu repot2 lg datang ke counter pulsa)
    LEBIH MURAH ( bila dibandingkan dengan harga jual pulsa di counter)
    BONUS PULSA Rp. 25.000 SETIAP HARI

    INFO LANJUT: HTTP://WWW.PRIMAMITRA.BLOGSPOT.COM

    Tq yah ....

    ReplyDelete
  5. @ Wahyu
    Salam kenal juga, iya kita patut bangga, tinggal bagaimana kita meneruskannya

    @ Taufik79
    Wah tulisan anda bagus mas, banyak juga ternyata tokoh kalsel yang terkenal ya

    @ HE. Benyamine
    Yup, semangat membangun Kalsel

    @PM
    Wah ada ya usahanya, gimana caranya tuh?

    ReplyDelete
  6. Aku banjar malaysia, assalamualaikum kulaan, ayuh mahu terus. Naikkan nama banjar.....banjar harga mati

    ReplyDelete

Kepada Pengunjung jangan lupa komentarnya

-Untuk Pengguna Blogger gunakan google accountnya
-Untuk Pengguna Wordpress gunakan pilihan wordpress
-Untuk Pengguna lainnya (domain berbayar atau yg punya facebook) silahkan pilih Name/URL, kemudian masukkan nama dan alamat web atau facebook (profil).

Komentar anda sangat berguna bagi saya, terima kasih.

Copyright © Catatan Taufik. All rights reserved. Template by CB