Learning to make the future brighter

Latihan Dasar Paskibra SMANSA 2008

ADSENSE HERE!


Hari Sabtu tanggal 29 November 2008, SMA Negeri 1 Banjarbaru mengadakan acara Latdas atau Latihan Dasar kepada calon anggota baru Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) SMA N 1 Banjarbaru angkatan 2008. Acara ini diikuti oleh 25 orang peserta, terdiri dari 2 orang kelas IX dan 23 orang kelas X. Acara seperti ini sudah menjadi agenda tetap bagi Paskibra SMA N 1 Bjb ketika menerima calon anggota baru. Dalam acara tersebut turut pula dihadiri oleh para alumni Paskibra SMANSA (SMA N 1 Bjb), diantaranya ka Rahmat, ka Taufik (saya), ka Jihan, ka Gusti, dan alumni lainnya sehingga acara semakin ramai karena para alumni menceritakan pengalaman mereka ketika menjadi Paskibra dulu. Acara dimulai sekitar jam 3 sore dan di buka secara langsung oleh Pa Syahruddin selaku Kepala SMA N 1 Bjb, selanjutnya latihan PBB bagi peserta. Dalam latihan PBB ini kembali para senior terutama kelas IX yang tahun ini resmi sebagai pengurus untuk 1 tahun ke depan mengingatkan lagi kepada adik-adiknya mengenai gerakan-gerakan yang sudah di ajarkan sebelumnya.


Latihan PBB

Ketika adzan magrib berkumandang, kegiatan secara praktis dihentikan sejenak untuk melaksanakan sholat magrib. setelah itu peserta bersiap untuk melaksanakan makan malam bersama, makan malam dalam Paskibra memiliki tata cara tertentu, seperti yang disampaikan senior makan harus menggunakan sendok dan garpu, siku tangan tidak boleh menyentuh meja, badan harus tegap, bukan kepala yang ke sendok tapi sendok yang ke kepala. Kira-kira seperti itulah tata cara makan ala Paskibra, hal ini tidak berhenti di sini saja tetapi akan berlanjut ketika mereka lulus seleksi Paskibraka baik tingkat kota, provinsi dan nasional. selesai makan seperti biasa peserta putri membawa piring pasangannya (peserta putra), hal ini sudah wajar dalam Paskibra yaitu setiap makan malam peserta harus berpasang-pasangan. Dan ada satu hal lagi yang sudah menjadi aturan bahwa tiap angkatan ada pemimpinnya yang disebut dengan Pa Lurah dan Bu LUrah, dan komunitasnya disebut dengan Desa Bahagia.


Persiapan Makan Malam (Baris Dulu . . .)

Selesai makan, kemudian ada materi yang disampaikan oleh ka Rahmat, beliau yang paling senior diantara senior yang hadir pada acara itu. Beliau menyampaikan materi mengenai Kepaskibrakaan dan PBB. Materi Kepaskibrakaan isinya mengenai Sejarah Paskibraka, Bendera Pusaka, Lambang-lambang Paskibraka sedangkan materi PBB mengenai pengertian PBB, jenis-jenis gerakan PBB, jenis perintah dan lainnya. Pada acara tersebut juga diadakan tanya jawab, menarik ketika salah seorang peserta bertanya mengenai Bendera Pusaka, kebetulan saya mengetahui materi tersebut kemudian saya jelaskan kepada mereka Bendera Pusaka dijahit oleh Ibu Fatmawati Soekarno, ketika itu keadaan sangat genting dan bendera harus jadi sebelum jam 10 tanggal 17 Agustus 1945, mau tidak mau dengan peralatan yang seadanya dibuatlah Bendera Pusaka yang kini telah disimpan di istana negara di dalam kotak kaca karena kondisinya yang tidak memungkinkan lagi untuk disentuh. Selesai materi diadakanlah tes untuk mengetahui seberapa paham mereka tentang materi yang disampaikan.


Mau Makan Nih . . .

Setelah itu peserta dipersilahkan sholat isya dan tidur karena kegiatan untuk malam itu telah berakhir. Namun para senior telah mempersiapkan acara yang dikenal dengan Jurid Malam/Renungan Suci, kegiatan ini bertujuan untuk melatih mental mereka bagaimana kalau berjalan sendirian diwaktu malam selain itu sekaligus sebagai prosesi pelantikan mereka sebagai anggota Paskibra SMA N 1 Bjb. Kegiatan ini dilaksanakan di lingkungan sekolah karena untuk melaksanakannya di lingkungan luar sekolah tidak memperoleh izin dari pihak sekolah dan RT setempat. Kegiatan ini berjalan lancar dimulai pukul 12.15 tengah malam sampai pukul 03.30 pagi.


Makan-makan . . .

tepat pukul 05.00 peserta melaksanakan sholat subuh berjama'ah, setelah itu olahraga pagi dengan lari mengelilingi sekolah dan kemudian makan pagi bersama, prosesinya seperti makan malam. Kegiatan berikutnya adalah latihan PBB untuk lebih memantapkan lagi gerakan-gerakan yang mereka kuasai. Pada siangnya diadakanlah pemilihan Pengurus Paskibra SMA N 1 Bjb periode 2008-2009, Hapsara akhirnya terpilih sebagai ketua Paskibra SMA N 1 Bjb dia pernah menjadi Paskibraka Provinsi tahun 2008 sebagai anggota pengibar, menjadi wakilnya adalah Adrian dia juga pernah mencicipi latihan Paskibraka di tingkat kota Banjarbaru sebagai Danpok 8 (pengibar).


Penyampaian Materi

Sebagai acara penutup ada satu ritual penyambutan anggota baru yaitu siraman oleh para senior kepada juniornya, acara ini menjadi seru karena mereka kemudian membalas menyiram seniornya. Setelah itu peserta membersihkan diri dan mengembalikan peralatan ke tempatnya semula dan acara sayonara pun diliputi kehangatan antara pembina, senior dan junior dalam suatu lingkup keluarga Besar Paskibra SMA N 1 Bjb.


Lagi Jurid Malam Nih . . .


Olahraga Pagi


Ya . . . disiram deh . . .


Ini dia anggota baru Paskibra SMA N 1 Bjb

ADSENSE HERE!

6 comments:

  1. wahhh,,,
    latdas paskib jadi ingat jaman2 dahulu,,,

    ReplyDelete
  2. @ arya :>
    datang donk pas ada acara paskib :D

    ReplyDelete
  3. wah..........
    udah lama bgt nih aku ikut latdas paskib smansa...
    pada kemana yah temen2ku?

    ReplyDelete
  4. @ Anonim :
    sory ni sapa ya? seangkatan ama aku kah?

    ReplyDelete
  5. Aq bangga bgt deh jd anaq pskb .
    krna aq jd pnya kedisiplinan .
    salam bwt anq paskibra d sluruh indonesia .
    maju terus paskibra .

    ReplyDelete

Kepada Pengunjung jangan lupa komentarnya

-Untuk Pengguna Blogger gunakan google accountnya
-Untuk Pengguna Wordpress gunakan pilihan wordpress
-Untuk Pengguna lainnya (domain berbayar atau yg punya facebook) silahkan pilih Name/URL, kemudian masukkan nama dan alamat web atau facebook (profil).

Komentar anda sangat berguna bagi saya, terima kasih.

Copyright © Catatan Taufik. All rights reserved. Template by CB