Learning to make the future brighter

Pengalamanku

ADSENSE HERE!
Kemarin saya mengerjakan sisa tugasku di rumah Pa Ersis, yaitu mendata buku-buku koleksi beliau. Yah lumayan tinggal 1 rak lagi yang belum didata. Masih bersama sohib ku Bahruddin kami berdua kembali larut bersama laptop untuk memasukkan data dari buku-buku tersebut. Lumayan juga, saya mendapatkan sesuatu yang mungkin jarang bisa terjadi, Apa itu? Buku langka coy! Ya banyak buku-buku yang sudah hilang dari peredarannya bahkan sangat langka untuk ditemukan dizaman sekarang, misalnya saja buku mengenai Soekarno dibawah bendera revolusi. sejauh ini saya cuma menemukan tiga tempat yaitu di Perpustakaan Prodi Sejarah, rumah Pa Zaenal dan di rumah Pa Ersis. Atau mungkin saya ya yang kurang jalan-jalan ke perpustakaan jadi kurang tahu :))

Ehm, ya itulah pengalaman yang saya dapat kemarin. Ketika tengah hari menjelang Pa Ersis mengajak kami ke undangan perkawinan tetangga beliau, pertama agak ragu juga masalahnya yang diundangkan beliau malah kami yang ikut datang. Tapi karena gak enak dan perut sudah berontak :)) yah ikut juga akhirnya, dengan menyantap gado-gado protes perutpun dapat teratasi dengan mudah. Namun ketika mau pulang saya dan Bahruddin menunggu Pa Ersis datang, karena tidak enak kan kalau pulang duluan. tungu menunggu agak lama akhirnya kami putuskan pulang sendiri. Yah malah Pa Ersisnya sudah di rumah ngobrol dengan mantan Walikota Banjarbaru Pa Fahrulli. Kalian kenalkan? Saya juga pertama kali tidak kenal, saya kira teman beliau setelah diberi tahu baru agak kaget juga sih :).

Kembali lagi ke laptop (kaya tukul aja!) :), lagi-lagi kami harus berkutat dengan buku-buku, pokoknya harus selesai secepatnya sebelum kegiatan kampus mulai berjalan apalagi saya dan teman-teman seangkatan secara bersamaan menngajukan proposal skripsi sabtu kemarin, yah belum tahu diterima atau tidak. Mudah-mudahan saja diterima, karena sudah ingin cepat lulus dari kampus dan bekerja seperti orang-orang :). Ketika sore menjelang kami menyelesaikan pekerjaan (belum selesai sih, masih ada 1 rak lagi), hujan dengan nyamannya mengguyur Kota Banjarbaru tercinta. Pa Ersis mengajak kami mengobrol ringan dan ketika beliau membahas mengenai blog ces! otakku mulai bekerja (kaya ga pernah bekerja aja otak) :). Yah saya lagi semangat-semangatnya ngeblog walau beberapa hari terakhir agak jarang karena komputerku rusak parah (di BJM) jadi ga bisa ngetik untuk sementara, untungnya komputer yang di rumah (di BJB) masih bisa untuk digunakan. Kembali lagi ke masalah tadi, beliau bercerita bahwa ada yang modus kejahatan cyber atau cyber crime yang beliau temui malam tadi yaitu pengcopyan blog. Sebelumnya pernah mendengar sih kasus semacam ini, namun belum melihatnya. Nah pad saat itulah beliau memperlihatkannya, wah gila hampir seluruhnya dicopy habis bahkan sama persis, baik tampilannya maupun isi tulisannya.

Beliau bercerita lagi dulu ketika pergi ke Pesta Blogger 2008 di Jakarta beliau pernah diberi tahu teman mengenai hal ini, katanya ada modus seperti itu dan pelakunya mendaftar di layanan peraup dollar lewat blog. Misalnya blog kita punya page rank tinggi dan dikunjungi 1000 orang perhari tentu ketika orang berkunjung tidak hanya melihat yang tertampilkan saja kan? Tentu pengunjung melihat tulisan-tulisan yang lain, ya bisa 2 atau 3 klik (kalikan saja misalnya 2 jadi 2000 klik per hari). Ada layanan yang menyediakan jasa peraup dollar dengan sistem klik ini, setiap klik kalau tidak salah bernilai $ 5 sen kalikan saja dengan 2000 berapa yang kita dapat hari itu. Bagaimana kalau sebulan? Wah benar-benar gila meraup uang dari usaha orang lain.

Saya sempat terpikir ketika menulis ini, yaitu mendaftarkan blog kita sebagai hak paten supaya tidak ada kasus seperti itu lagi. Tapi untuk hal itukan perlu proses dan agak ribet lah. Satu cara lagi yang sempat terpikir yaitu mengunci blog dengan kode-kode html tapi belum pernah saya coba. Namun pernah saya lihat blog orang memakai penguncian seperti itu, katanya sih supaya tidak ada yang bisa mengcopy.

Yah itu saja ceritaku hari ini ya.

ADSENSE HERE!

No comments:

Post a Comment

Kepada Pengunjung jangan lupa komentarnya

-Untuk Pengguna Blogger gunakan google accountnya
-Untuk Pengguna Wordpress gunakan pilihan wordpress
-Untuk Pengguna lainnya (domain berbayar atau yg punya facebook) silahkan pilih Name/URL, kemudian masukkan nama dan alamat web atau facebook (profil).

Komentar anda sangat berguna bagi saya, terima kasih.

Copyright © Catatan Taufik. All rights reserved. Template by CB