Learning to make the future brighter

PASKIBRAKA 2008 KOTA BANJARBARU

ADSENSE HERE!
Foto Bersama Pelatih

Ah, akhirnya satu tahun sudah berlalu ketika acara 17 Agustus berlangsung. Seperti biasanya aku bersama para Purna Paskibraka Indonesia (PPI) senantiasa selalu setia mengikuti kegiatan Paskibraka dari awal latihan hingga hari H (Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI). Begitu juga dengan tahun ini, walaupun disadari kegiatan sudah menumpuk, tetapi untuk yang satu ini tidak boleh tertinggal seharipun. Akan ku usahakan untuk mengikutinya.

Waktu Pengarahan

Latihan Paskibraka seperti biasa sudah dimulai sejak tanggal 22 Juni kemarin. Ada suasana berbeda di tahun ini yang kurasakan. Teman-teman seangkatan dulu (perlu diketahui saya PPI Angkatan 2003) bisa ikut dalam latihan seperti Fadil dan Nuni yang saat ini kuliah di jogja. Senang rasanya bisa reuni kembali seperti dahulu lagi, sempat terlintas dalam pikiran mengingat kenangan-kenangan masa lalu ketika latihan. Ah, aku rindu masa-masa itu, jalan jongkok bersama, lari bersama, tinggal di asrama dan masih banyak lagi kenangan indah 5 tahun yang lalu.

Waktu Pengarahan oleh Pelatih

Tapi tak bisa dipungkiri bahwa kami tidak bisa semuanya berkumpul (30 orang), karena mereka sudah mempunyai kegiatan sendiri yang lebih penting. Ada sebagian dari mereka yang memiliki pekerjaan. Ada rasa iri dihati, tapi bangga akhirnya mereka bisa mencapai cita-citanya.

Pasukan 17 waktu Gladi Bersih

Hal yang berbeda lainnya adala perombakan susunan pelatih Paskibraka. Tahun ini hampir semuanya dirombak dengan pelatih baru yang belum aku kenal. Hanya tersisa beberapa muka lama yang masih menghuni kursi kepelatihan Paskibraka Kota Banjarbaru, seperti Pak Komar (Polsekta Banjarbaru), Pak Wondo (Koramil Banjarbaru), Pak Waji (Angkatan Udara) dan Pak Rodli (Koramil Banjarbaru). Yah kegiatan inilah yang selalu mempertemukan kami semua, baik bertemu dengan teman, adik angkatan mapun pelatih. Namun perubahan ini tidak langsung membuata kegiatan latihan terasa kaku, hanya beberapa saat saja suasana telah mencair dengan dibalut rasa kekeluargaan.

Saat Makan Bersama

Latihan yang baru saja dilakukan hanya berkisar pada gerakan dasar PBB (Peraturan Baris-Berbaris) diantaranya hadap kanan/kiri, jalan ditempat, hormat, langkah tegap, belok kanan/kiri, yang kesemua gerakan tersebut akan digunakan pada saat pelaksanaan Upacara nanti. Para anggota Paskibaraka 2008 terlihat sangat bersemangat mengikuti proses latihan, namun ada diantara mereka yang karena tidak siap mengikuti latihan mengalami KO atau kelelahan, kami memanggil dengan istilah itu karena latihan Paskibraka bukan latihan sembarangan. Latihannya lumayan berat namun mengasyikkan, kalau yang belum pernah merasakan tentu akan berkomentar “ah apa itu Paskib latihan panas-panas kayak ga ada kerjaan aja”. Eits jangan salah, menjadi seorang Paskibraka merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi yang mengalaminya. Kebanggaan pribadi karena berhasil masuk menjadi anggota Paskibraka, dengan menyisihkan puluhan orang. Dan kebanggan orang tua tentunya karena anaknya akan menjadi pengawal Sang Merah Putih pada 17 Agustus.

Setelah Pengukuhan

Selain hal itu Paskibraka merupakan artisnya 17 Agustus ketika Upacara sedang berlangsung. Beribu-ribu pasang mata, bahkan berjuta-juta menyaksikan penampilan mereka. Sorot kamera pun turut menghiasi. Yang lebih membanggakan lagi kita dapat berjabat tangan langsung dengan Presiden RI (untuk Paskibraka Nasional), namun jangan berkecil hati, untuk tingkat dibawahnya bisa bertemu dan berjabat tangan dengan Gubernur (Tingkat Provinsi) dan Bupati/Walikota (Untuk Tingkat Kabupaten/Kotamadya).

Penyerahan Bendera saat Upacara Penurunan

Bagi yang masih penasaran dengan Paskibraka, silahkan anda pikirkan dahulu. Bagi adik-adik terutama kelas X dan XI yang tertarik dengan Paskibraka segera bergabung dengan ekskur Paskibra di sekolahnya masing-masing. Dan temukan keindahan Paskibraka.
Salam Paskibraka . . . . . .
ADSENSE HERE!

2 comments:

  1. Ne paskibra angkatan berapa ya??
    aku dulu paskibra angkatan 2003....

    salam ya buat pak komar..dari rahmi...smk telkom.....
    yang dulu nangis waktu nyanyi Indonesia Raya....

    ReplyDelete
  2. Saya Paskibraka 2003 juga, btw amie ya, yang mana ya orangnya?????agak lupa nih, hehe aku ingatnya cuma rendra dari telkom..

    ReplyDelete

Kepada Pengunjung jangan lupa komentarnya

-Untuk Pengguna Blogger gunakan google accountnya
-Untuk Pengguna Wordpress gunakan pilihan wordpress
-Untuk Pengguna lainnya (domain berbayar atau yg punya facebook) silahkan pilih Name/URL, kemudian masukkan nama dan alamat web atau facebook (profil).

Komentar anda sangat berguna bagi saya, terima kasih.

Copyright © Catatan Taufik. All rights reserved. Template by CB