Learning to make the future brighter

MAHASISWA DALAM KEHIDUPANNYA YANG SELALU

ADSENSE HERE!
Kecurangan Tidak Dapat Dipisahkan Dari Kehidupan Manusia. Dalam kehidupannya sudah tentu manusia pernah melakukan kecurangan. Hal ini dilakukan manusia karena ada faktor penyebabnya. Tidak seorang pun di dunia ini yang ingin berbuat curang, namun kenyataannya tidak sedikit orang terpaksa atau sengaja berbuat curang, sebagai akibat dari berbagai faktor.
Jelaslah bagi kita bahwa kecurangan itu tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Itu semua ternyata menimbulkan daya kreativitas manusia, yaitu daya atau kemampuan untuk mencipta hasil seni, misalnya seni sastra, seni musik, seni film, seni drama, filsafat, dan sebagainya. Karenanya dalam kehidupan, banyak kita jumpai hasil seni yang melukiskan kecurangan.
Semua hasil seni itu wajib dipelajari oleh setiap mahasiswa calon sarjana agar mereka tidak terkungkung dalam ruang bidang ilmunya saja. Hendaknya mereka mempunyai pandangan yang luas tentang seni budaya, mempunyai persepsi dan wawasan tentang nilai-nilai, martabat dan sikap manusia umumnya. Dengan demikian, diharapkan mereka lebih manusiawi.
Kecurangan atau curang identik dengan ketidakjujuran atau tidak jujur, dan sama pula dengan licik, meskipun tidak serupa benar. Sudah tentu kecurangan sebagai lawan jujur. Curang atau kecurangan artinya apa yang dikatakan tidak sesuai dengan hati nuraninya. Orang itu memang dari hatinya sudah berniat curang dengan maksud memperoleh keuntungan tanpa bertenaga dan usaha. Sudah tentu keuntungan itu diperoleh dengan jalan tidak wajar. Yang dimaksud keuntungan di sini adalah kentungan yang berupa materi. Mereka yang berbuat curang menganggap bahwa materi akan mendatangkan kesenangan atau keenakan, meskipun orang lain menderita karenanya.
Kecurangan menyebabkan manusia menjadi serakah, tamak, ingin menimbun kekayaan yang berlebihan dengan tujuan agar dianggap sebagai orang paling hebat, paling kaya, dan senang bila masyarakat disekelilingnya menghormati. Orang seperti itu biasanya tidak senang bila ada yang melebihi kekayaannya. Pada hal agama apa pun tidak membenarkan orang mengumpulkan harta sebanyak-banyajnya tanpa menghiraukan orang lain, lebih pula mengumpulkan harta dengan jalan curang. Hal semacam itu dalam istilah agama tidak diridhoi Tuhan.
Dari penjelasan tersebut dapat kita ketahui berbagai macam kecurangan yang terjadi di dunia ini. Namun dalam makalah ini hanya diberikan contoh kecurangan dalam dunia mahasiswa, karena dunia ini sangat dekat dengan kita. Sebagai ilustrasi akan dijelaskan beberapa contoh mengenai kecurangan yang terjadi dalam dunia mahasiswa.
Andi adalah seorang mahasiswa di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, dia sekarang sudah semester tiga. Bisa dikatakan Andi adalah mahasiswa yang cukup cerdas, hal ini dapat dilihat dari IP semester satu dan dua yang cukup memuaskan. Namun, IP yang bagus tersebut tidak diperolehnya secara murni atau dengan usahanya sendiri. Ternyata dia melakukan tindakan yang seharusnya tidak dilakukan oleh seorang mahasiswa, saat mid tes atau final tes dia menyontek atau membawa catatan kecil saat ujian. Hal ini juga diketahui oleh rekan-rekan Andi sesama mahasiswa, namun yang lucunya mereka juga ikut melakukan hal tersebut. Bahkan parahnya lagi mereka saling bekerja sama saat ujian.
Ketika ada kegiatan PKL ke luar daerah dengan biaya yang sudah ditetapkan berdasarkan rapat bersama. Andi memberi tahu orang tuanya mengenai kegiatan tersebut, tetapi dia tidak memberi tahu tentang rincian dana yang dibutuhkan untuk kegiatan tersebut. Dia hanya memberi tahu berapa jumlah biaya yang dibutuhkan. Ternyata biaya yang diberi tahu Andi kepada orang tuanya melebihi dari biaya yang sebenarnya. Tujuannya tentu agar dia memiliki uang lebih dan bisa membelanjakannya sesuka hatinya di sana.
Perilaku Andi tersebut merupakan sebagian kecil dari tindakan curang yang dilakukan oleh manusia khususnya oleh seorang mahasiswa. Tidak dapat dipungkiri bahwa kecurangan sangat dekat denan kehidupan kita dan sulit untuk kita tinggalkan.
ADSENSE HERE!

No comments:

Post a Comment

Kepada Pengunjung jangan lupa komentarnya

-Untuk Pengguna Blogger gunakan google accountnya
-Untuk Pengguna Wordpress gunakan pilihan wordpress
-Untuk Pengguna lainnya (domain berbayar atau yg punya facebook) silahkan pilih Name/URL, kemudian masukkan nama dan alamat web atau facebook (profil).

Komentar anda sangat berguna bagi saya, terima kasih.

Copyright © Catatan Taufik. All rights reserved. Template by CB